Artikel SEO dan Artikel Biasa Dilihat dari Perbedaan Fungsi dan Tujuan

Ingin website kamu ditemukan oleh lebih banyak orang? Menulis artikel SEO adalah jawabannya. Dengan mengoptimalkan konten website dan melakukan optimasi website, kamu dapat meningkatkan skor SEO dan otomatis akan meningkatkan...

Artikel SEO dan Artikel Biasa Dilihat dari Perbedaan Fungsi dan Tujuan
Artikel SEO dan Artikel Biasa Dilihat dari Perbedaan Fungsi dan Tujuan

Blogging | 15/07/2024

Rio Mastri

Daftar Konten

Ingin website kamu ditemukan oleh lebih banyak orang? Menulis artikel SEO adalah jawabannya. Dengan mengoptimalkan konten website dan melakukan optimasi website, kamu dapat meningkatkan skor SEO dan otomatis akan meningkatkan trafik website.

Sebelum mulai menulis artikel SEO yang efektif, kamu harus memahami beberapa beberapa konsep dalam SEO seperti, kata kunci (keyword), struktur konten, dan tata letak (layout) yang sesuai, insight, rank tracking, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas betapa pentingnya artikel SEO bagi dan bagaimana peran SEO dalam meningkatkan visibilitas website melalui strategi penulisan yang tepat. Apa perbedaannya dengan artikel biasa?

Mengapa Memahami Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa Penting?

pentingnya konten dalam strategi Optimasi SEO

Ketika ingin memahami perbedaan antara artikel SEO dan artikel biasa, pertama-tama kamu harus mengidentifikasi target audiens yang jelas. Dengan mengetahui siapa yang ingin djangkau, kamu dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka.

Gunakan data analitik untuk memahami preferensi audiens secara mendalam. Dengan informasi ini, kamu dapat mengoptimalkan konten agar sesuai dengan apa yang dicari oleh audiens.

Pilih platform yang tepat untuk menjangkau target audiens. Sebagai contoh pertimbangannya adalah: Platform media sosial seperti Instagram, TikTok atau Facebook mungkin lebih cocok untuk audiens muda, sementara LinkedIn lebih efektif untuk profesional bisnis.

Perbedaan Tujuan antara Artikel SEO dan Artikel Biasa

Apa Perbedaan Tujuan antara Artikel SEO dan Artikel Biasa?
Perbedaan Tujuan antara Artikel SEO dan Artikel Biasa

Tujuan Artikel SEO

Kamu perlu memahami bahwa tujuan dari artikel SEO adalah mengoptimalkan konten agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dan sebagainya. Artinya, fokus pada kata kunci dan struktur yang sesuai.

Menulis artikel SEO tidak bisa mengikuti kaidah penulisan yang dianjurkan oleh KBBI atau mengikuti aturan EYD yang benar. Oleh karena itu, ketika ingin menulis artikel SEO seorang penulis artikel biasa harus tetap mempelajari prinsip-prinsip SEO.

Strategi Optimasi SEO

Dalam artikel biasa, kamu dapat lebih bebas dalam menulis tanpa terlalu memikirkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi optimasi. Namun, pada artikel SEO, kamu harus memperhatikan kepadatan kata kunci (keyword density) dan deskripsi meta (meta description).

Dalam penggunaan kata kunci, “kepadatan’“ yang dimaksud bukanlah menggunakan kata kunci sebanyak-banyaknya. Namun, menggunakan dan menyebarkan kata kunci sesuai dengan porsi yang ideal.

Pemahaman Konsep Artikel SEO dan Artikel Biasa

Memahami apa itu Artikel SEO dan Artikel Biasa
Pemahaman Konsep Artikel SEO dan Artikel Biasa

Apa Itu Artikel SEO?

Ketika menulis artikel SEO, kamu membuat konten yang dioptimalkan agar mudah ditemukan oleh pengguna internet melalui kata kunci tertentu.

Tujuan utama dari penulisan SEO dengan menggunakan keyword yang tepat adalah untuk membantu mesin pencari memahami topik yang kamu bahas. Dengan begitu, artikel kamu memiliki peluang lebih besar muncul di peringkat pertama hasil pencarian.

Ketika visibilitas website kamu meningkat, maka trafik organik website kamu otomatis juga akan meningkat.

Cara Menulis Artikel SEO

Pertama-tama, mulailah dengan melakukan riset kata kunci yang mendalam. Pilih kata kunci yang relevan dengan topik artikel dan pastikan kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang tinggi.

Selanjutnya, susunlah struktur artikel dengan menggunakan heading yang terorganisir, seperti H1, H2, dan H3. Ini akan membantu mesin pencari memahami hierarki informasi dalam konten Anda.

Kemudian, tulislah konten yang informatif dan sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Pastikan konten kamu bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang sedang mereka cari jawabannya.

Perlu diingat untuk selalu menggunakan keyword secara alami dalam konten tanpa memaksakan penggunaannya.

Untuk melakukan research keyword, kamu bisa memanfaatkan tool gratis yang disediakan oleh Ubersuggest, Semrush, Keyword Planner, dan lainnya.

Apa Itu Artikel Biasa?

Artikel biasa adalah konten yang dibuat tanpa mempertimbangkan optimasi mesin pencari. Ciri khasnya adalah fokus utamanya pada informasi tanpa mempertimbangkan penggunaan kata kunci tertentu.

Perbedaan fokus antara artikel biasa dan artikel SEO terletak pada tujuan akhirnya: artikel biasa lebih berorientasi pada informasi murni tanpa memperhatikan optimasi. Sedangkan artikel SEO bertujuan sebaliknya.

Pentingnya kejelasan informasi dalam artikel biasa adalah agar pembaca dapat dengan mudah memahami apa yang disampaikan. Dengan begitu, ia tidak dipengaruhi oleh strategi SEO tertentu yang kadang bisa membingungkan.

Fokus utamanya adalah memberikan informasi yang jelas dan berguna bagi pembaca tanpa harus memikirkan peringkat di mesin pencari.

Contoh Artikel Biasa

Sebagai contoh, sebuah artikel tentang “Cara Merawat Tanaman Hias” tanpa optimasi SEO hanya akan berfokus pada tips dan trik merawat tanaman hias. Dengan kata lain, tulisan ini tidak mempedulikan visibilitas di mesin pencari Google, Bing, dan lainnya.

Artikel tersebut sebenarnya berpotensi untuk mendapatkan trafik organik yang banyak. Namun, jika ingin mencapai tujuan tersebut, tulisannya harus mempertimbangkan optimasi SEO secara tepat.

Struktur Penulisan Artikel

Struktur Artikel SEO

Judul yang Menarik dan Relevan dengan Kata Kunci

Saat membuat artikel SEO, pastikan judul yang Anda buat menarik dan relevan dengan kata kunci utama. Judul yang jelas tidak hanya meningkatkan visibilitas, tetapi juga menarik pembaca potensial secara alami.

Penggunaan Heading (H1, H2, H3, dll.).

Penting untuk menggunakan heading secara hierarkis dalam artikel SEO Anda. Struktur heading yang baik membantu pembaca dalam navigasi konten dan meningkatkan keterbacaan atau readability yang secara tidak langsung akan meningkatkan performa SEO.

Tips menggunakan heading yang benar adalah sebagai berikut:

  • Gunakan heading untuk membagi konten secara terstruktur.
  • Mengoptimalkan penggunaan heading dapat membuat artikel lebih mudah dipahami.

Konten yang Terorganisir: Paragraf Pendek, Daftar / List, dan Tabel

Struktur Penulisan Artikel SEO
Struktur Penulisan Artikel

Konten yang terorganisir adalah kunci keberhasilan dalam menulis artikel SEO. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Konten dengan paragraf singkat dan informatif agar mudah dipahami oleh pembaca.
  • Penggunaan bullet points dan tabel juga membantu memperjelas informasi penting.

Alt Text untuk Gambar

Poin ini sering dilupakan ketika menulis artikel website. Ketika mengupload media, khususnya gambar, jangan lupa untuk menyertakan teks alternatif atau alt text.

Ketika konten gambar atau media tidak menyertakan alt text, gambar tersebut akan sulit dibaca oleh browser. Selain itu, fungsi alt text dalam penulisan konten adalah untuk meningkatkan aksesibilitas.

Ketika halaman website pengunjung tidak dapat membuka gambar, maka akan muncul teks alternatif tersebut sebagai gantinya.

Fungsi lainnya dalah untuk memperkuat penggunaan kata kunci. Oleh sebab itu, ketika menggunakan alt text, sebaiknya kamu menyertakan kata kunci utama.

Meta Deskripsi yang Efektif

Peran penting deskripsi meta (meta description) adalah untuk menarik minat pengunjung agar membuka halaman website. Oleh sebab itu, upayakan untuk membuat meta description dengan bahasa yang persuasif agar menarik minat orang untuk membacanya.

Perlu diingat, dalam penulisan deskripsi meta, jangan lupa untuk menyematkan kata kunci utama. Selain itu, batasi jumlah karakter yang digunakan. Biasanya antara 160 – 180 karakter.

Poin ini seharusnya dibahas pada artikel tersendiri karena sangat banyak dan sangat penting dalam mengoptimalkan hasil SEO website.

Secara singkat, pengertian internal link adalam penautan atau menghubungkan satu artikel / post dengan dengan artikel lainnya pada website yang sama.

Sedangkan external link sebaliknya. Di sini kamu menautkan artikel yang kamu tulis dengan artikel yang ditulis oleh orang lain pada website yang berbeda.

Pemilihan Kata Kunci

Pentingnya Riset Kata Kunci

Ketika membuat artikel SEO, pertanyaan penting yang harus dijawab adalah bagaimana memilih kata kunci yang tepat.

Lakukan riset kata kunci (keyword research) secara mendalam untuk memahami tren pencarian yang sedang populer.

Pastikan Anda memilih kata kunci dengan volume pencarian (search volume) yang tinggi dan persaingan rendah untuk meningkatkan visibilitas konten Anda.

Hal ini tidak perlu kamu lakukan jika konten yang kamu tulis bukan artikel SEO, melainkan artikel biasa.

Alat-alat yang Digunakan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, penulisan artikel biasa hanya menggunakan alat tulis/ketik seperti MS Word, GetUpNote, OneNote, dan lain sebagainya.

Sedangkan penulisan artikel SEO membutuhkan alat bantu lain agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Untuk membantu dalam pemilihan kata kunci, kamu dapat memanfaatkan berbagai alat SEO (SEO tools) dari yang gratis hingga berbayar.

Jika kamu memiliki budget untuk berlangganan, silakan gunakan Ahrefs, SEMrush, dan tools lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, jika kamu tidak memiliki budget untuk berlangganan tools berbayar. Kamu bisa memanfaatkan tools gratis seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk melakukan riset dan analisis kata kunci yang tidak kalah dibandingkan dengan tools berbayar.

Dengan data dari alat-alat tersebut, kamu bisa melakukan riset kata kunci secara detail untuk mengetahui potensi kata kunci yang dipilih dan akan digunakan.

Apabila kamu ingin hasil yang lebih dengan fitur-fitur tambahan seperti analisis kompetitor, Ubersuggest versi berbayar dapat membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih detail.

Penggunaan Kata Kunci LSI untuk Memperkaya Konten

Penggunaan Kata Kunci LSI untuk Memperkaya Konten
Pemilihan kata kunci dan pentingnya LSI keyword untuk memperkaya konten

Agar konten kamu semakin berkualitas dan relevan, jangan lupakan penggunaan kata kunci LSI yang merupakan akronim dari Latent Semantic Indexing.

Sertakan LSI keyword ke dalam artikel kamu untuk memperluas cakupan topik yang dibahas. Dengan menggunakan kata kunci LSI yang tepat, kamu dapat meningkatkan relevansi konten di mata mesin pencari.

Agar LSI keyword yang kamu gunakan lebih maksimal, sebaiknya pelajari juga mengenai topical authority. Namun, jangan pelajari ini jika konten yang ingin kamu tulis bukanlah artikel SEO, melalinkan artikel biasa. Hehehe…

Perbedaan Gaya Penulisan dan Pembaca

Gaya penulisan Artikel SEO

Menarik dan Tetap Mengoptimasi Keyword.

Ketika menulis artikel SEO, gabungkan gaya penulisan menarik dengan optimasi kata kunci. Pastikan kontenmu dapat menarik minat pembaca namun tetap mempertahankan nilai SEO yang optimal.

Perhatikan keyword density agar tidak dicurigai sebagai spam keyword oleh mesin pencari. Bagaimana caranya? Sebara penggunaan kata kunci secara ideal, jangan ditumpuk pada satu bagian saja dan jangan brutal dalam penggunaannya.

Optimalkan artikelmu dengan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pembaca. Pastikan kontenmu mudah diakses oleh mesin pencari untuk meningkatkan visibilitasnya.

Memenuhi Kebutuhan Informasi Pembaca dan Search Engine

Sajikan informasi yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Pastikan kamu melakukan optimasi SEO agar kontenmu dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Gaya penulisan Artikel Biasa

Bebas dan Kreatif

Ketika menulis artikel biasa, fokus utamanya adalah pada penyampaian informasi atau cerita dengan gaya penulisan yang bebas namun tetap informatif.

Seorang penulis artikel berusaha membangun cerita yang dapat mengaitkan pembaca dengan konten yang disajikan.

Frekuensi Pembaruan Artikel

Artikel SEO

Ketika kamu membuat artikel SEO, penting untuk memperbarui konten secara berkala. Dengan melakukan pembaruan rutin, kamu dapat menjaga relevansi artikel di mata mesin pencari.

Pembaruan konten secara teratur memiliki dampak positif yang signifikan. Artikel yang selalu diperbarui cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Hal ini disebabkan oleh algoritma mesin pencari yang memprioritaskan fresh content.

Contoh strategi pembaruan konten yang efektif meliputi menambahkan informasi baru yang relevan, mengoptimasi kata kunci agar sesuai dengan tren pencarian, dan mengubah struktur artikel untuk meningkatkan skor keterbacaan (readability) dan kejelasan.

Artikel Biasa

Sementara artikel SEO diperbarui secara berkala, artikel biasa cenderung tidak mendapatkan pembaruan dengan frekuensi yang sama. Meskipun demikian, artikel yang jarang diperbarui masih memiliki nilai tertentu.

Pembaruan artikel biasa hanya jika ada informasi yang perlu diperbaiki atau ditambahkan. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Penggunaan Tautan atau Link

Penggunaan Tautan atau Link
Tips menggunakan internal link dan external link

Tautan pada Artikel SEO

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa artikel SEO menggunakan 2 jenis tautan atau link. Pertama adalah internal link.

Tautan internal membantu pembaca untuk menemukan informasi lebih mendalam pada konten website kamu. Dengan begitu, pembaca akan betah berlama-lama membaca konten-konten yang ada.

Di sisi lain, eksternal link dapat membantu memberikan informasi tambahan yang akan mendukung keaslian artikel kamu. Pastikan untuk memilih tautan sumber eksternal yang berkualitas agar dapat membantu meningkatkan otoritas halaman atau website kamu.

Penggunaan Anchor Text yang Relevan dan Bervariasi

Pemilihan anchor text yang tepat sangat penting dalam meningkatkan skor artikel SEO kamu. Pastikan anchor text sesuai dengan konteks tautan yang disematkan. Hindari keyword stuffing dengan menggunakan variasi anchor text yang alami dan relevan.

Anchor text tidak hanya memandu pengunjung ke tujuan yang diinginkan, tetapi juga membantu mesin telusur dalam memahami isi halaman. Dalam strategi ini, pastikan untuk menyertakan anchor text yang mendukung kata kunci utama artikel.

Artikel Biasa

Penggunaan Tautan tidak Menjadi Fokus Utama

Dalam menulis artikel biasa, kita harus ingat bahwa tautan berperan sebagai penunjang informasi, bukan menjadi pusat perhatian. Walaupun begitu, tautan tetap memiliki nilai penting untuk memperkuat otoritas konten dan memberikan referensi ekstra kepada pembaca.

Dengan memasukkan tautan yang sesuai dan berguna, pembaca akan merasa lebih terhubung dengan informasi yang disajikan dalam artikel.Pertimbangkan keseimbangan antara isi konten utama dan penggunaan tautan.

Memaksimalkan Potensi Artikel dengan Strategi yang Tepat

Konsistensi Konten

Konsistensi dalam penulisan konten dapat membangun kepercayaan dan otoritas di mata mesin pencari atau search engine. Pastikan topik selalu relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Memiliki jadwal teratur untuk mempublikasikan artikel dapat meningkatkan visibilitas website pada mesin telusur seperti Google. Dengan begitu, Google akan lebih sering mengindeks konten yang kamu publikasikan.

Optimasi Kata Kunci

Perhatikan untuk menempatkan keyword pada beberapa bagian yang penting. Sebagai contoh adalah penempatan kata kunci pada judul, paragraf pertama, dan subjudul.

Dengan menempatkan kata kunci pada bagian-bagian tersebut dapat memperkuat relevansi artikel kamu. Pilihlah kata kunci yang spesifik dan sesuai dengan topik artikel.

Menggunakan variasi kata kunci juga penting untuk mencegah over-optimasi. Dengan menggunakan variasi kata kunci dan cara optimasi SEO on page, artikel Anda dapat lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

Penggunaan variasi ini dapat berupa sinonim. Sebagai contoh adalah kata kerja “memancing” dapat kamu variasikan dengan menggunakan kata “mencari ikan“.

Kesimpulan

Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu dalam membedakan perbedaan antara cara menulis artikel SEO friendly dan artikel biasa.

Dalam penerapannya, artikel SEO unggul dalam visibilitas konten pada internet dibandingkan dengan artikel biasa.

Namun, ketika sebuah artikel ditulis tanpa menggunakan strategi SEO yang benar, maka tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap optimasi SEO konten tersebut.

Oleh karena itu, membuat konten yang sesuai dengan kaidah SEO dapat mempertahankan bahkan meningkatkan performa artikel website kamu.

Hal yang paling penting untuk diterapkan adalah konsistensi. Usahakan untuk tetap mempublikasikan artikel secara rutin.

Apabila kamu tidak membuat konten dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari, yang perlu kamu terapkan hanya menulis saja. Menulis artikel biasa.

Tinggalkan komentar Anda di sini.

Baca Artikel Lainnya