Perubahan Kebijakan Canva untuk Fitur Tautan Berbagi Desain

Siapa yang tidak tahu dengan Canva di tahun 2024 ini? Hampir semua pengguna internet, apalagi jika ia merupakan seorang content creator, pasti pernah menggunakan Canva untuk berbagai keperluan desain. Sehari...

Perubahan kebijakan Canva Fitur Tautan Berbagi
Perubahan kebijakan Canva Fitur Tautan Berbagi

Desain | 26/06/2024

Rio Mastri

Daftar Konten

Siapa yang tidak tahu dengan Canva di tahun 2024 ini? Hampir semua pengguna internet, apalagi jika ia merupakan seorang content creator, pasti pernah menggunakan Canva untuk berbagai keperluan desain.

Sehari sebelum artikel ini dibuat, Canva mengirimkan email ke semua penggunanya tentang pemberitahuan perubahan kebijakan. Apa saja yang berubah?

Perubahan Kebijakan Canva

Terdapat 2 perubahan yang akan dilakukan untuk sebuah fitur yang selama ini dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai “Tautan Berbagi Desain”.

Penggantian nama dan peningkatan tautan berbagi

Perubahan pertama adalah tautan berbagi “hanya lihat”. Setelah resmi diterapkan, nama ini akan menjadi “tautan untuk umum”.

Tautan berbagi Canva yang terbaru ini akan memiliki sebuah lencana yang menunjukkan status tautan desain Anda. Keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan adanya perubahan kebijakan ini adalah Anda dapat mengetahui dengan siapa Anda berbagi desain.

Situs web

Pada fitur ini terdapat beberapa penambahan fitur baru yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengguna.

Adapun fitur-fitur Canva yang akan ditambahkan adalah domain khusus, opsi perlindungan kata sandi, dan fungsi gulir baru.

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan

Apabila Anda tetap ingin menggunakan tautan yang telah Anda buat sebelumnya, yang harus Anda lakukan adalah memilih desain Anda.

Dengan demikian, pengguna-pengguna lain yang sebelumnya pernah menerima tautan berbagi yang Anda berikan akan tetap dapat mengakses tautan tersebut.

Apabila Anda tidak melakukan langkah tersebut, maka tautan berbagi tersebut tidak akan berfungsi lagi setelah perubahan kebijakan diterapkan.

Dengan kata lain, desain yang sebelumnya dapat diakses secara publik akan otomatis berganti status menjadi pribadi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini bisa saja karena Anda tidak membaca pemberitahuan dari Canva yang dikirim melalui email ataupun platform lainnya.

Anda tetap dapat membagikan tautan desain tersebut dengan cara membuat sebuah tautan baru. Dengan begitu, tautan berbagi yang sebelumnya berstatus pribadi akan menjadi publik kembali.

Tanggal Penerapan Perubahan Kebijakan

Berpatokan pada email yang dikirim oleh tim Canva, perubahan kebijakan ini direncanakan akan diterapkan pada tanggal 31 Juli 2024.

Namun, dari bahasa yang digunakan, perubahan kebijakan ini belum tentu akan diterapkan pada tanggal yang telah direncanakan.

2 comments

Tinggalkan komentar Anda di sini.

Baca Artikel Lainnya